Tutorial Menggunakan Magnetic Lasso Tool

Salam Jempol,
Biasanya saat mengolah gambar di photoshop kita kesulitan untuk menghilangkan gambar background dari suatu foto. Sebenarnya ada banyak tool yang  bisa digunakan untuk membersihkan atau menghilangkan warna dari background foto yang sedang kita kerjakan, salah satunya dengan menggunakan “Magnetic Lasso Tool”.


Sekarang kita akan coba untuk memanfaat tool yang satu ini,
Project Name : Avatar Cracking Background
Software By : Adobe Photoshop CS3

Langkah 1
Siapkan foto yang akan kita edit, disini saya menggunakan contoh foto Avatar of Aang, kemudian kita pilih “Magnetic Lasso Tool”.


Langkah 2
Kemudian cari klik pada lembar kerja, namun perlu diperhatikan saat menggunakan magnetic lasso tool ini kita harus mempertimbangkan bahwa foto yang kita olah memiliki warna yang kontras, hal ini sangat disarankan, karena magnetic lasso tool sangat sensitif dengan warna. Tool ini akan mencari warna kontras yang dijadikan titik atau poin dalam membentuk seleksi. Seperti pada gambar dibawah ini.

]


Langkah 3
Bagitu juga untuk menghilangkan background lainnya, usahakan mengikuti kontras warna yang ada pada gambar, pada langkah 2 magnetic lasso tool kita mengikuti kontras warna tongkat. Untuk yang lainnya ikuti saja alur warna hitam yang membentuk objek diatas. Dibawah ini contoh hasil menggunakan magnetic lasso tool,


Langkah 4
Untuk hasilnya memang tidak begitu maksimal, karena warna dari foto yang kita kerjakan ini cukup bervariasi. Jadi untuk menghilangkan sisa-sisa dari background ini kita dapat menggunakan erase tool dan hasilnya akan seperti ini kita bisa lihat perbandingannya.


Demikian langkah-langkah dalam menggunakan Magnetic Lasso Tool, sekali lagi perlu dipertimbangkan untuk menggunakan tool ini jika warna foto yang kita edit terlalu bervariasi dan tidak ada garis pembatas antara objek yang kita ambil dan kita hapus, karena hanya akan menyulitkan diri sendir. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Terima kasih telah Berkomentar