Cara Membuat Efek Vignette dengan Photoshop

Salam Jempol,
Efek Vignette merupakan salah satu efek yang banyak digunakan para fotografer dalam mengolah hasil jepretannya, Vignette adalah aplikasi efek gelap pada sekeliling foto sehingga fokus penglihatan akan tertuju pada objek yang diinginkan, biasanya selalu berada ditengah gambar.


Sekarang kita akan coba buat efek vignette pada sebuah foto, siapkan foto yang akan dibuat efek vignette terlebih dahulu. Disini saya menggunakan foto koleksi acara sekolah.
Project Name : Vignette Effect Students
Software By : Adobe Photoshop CS4

Langkah 1
Buka foto yang akan diberikan Vignette, dengan menekan tombol kombinasi “Ctrl+O” pada keyboard dan cari dimana lokasi penyimpanan foto tersebut.


Langkah 2
Kemudian aktifkan “Elliptical Marquee Tool” atau dengan menekan tombol “M” pada keyboard.


Langkah 3
Seleksi foto dengan fokus pada bagian objek yang kita inginkan, usahkan objek tersebut berada ditengah foto atau gambar.


Langkah 4
Kemudian langsung pilih menu “select > Modify > Feather” atau dengan menekan tombol kombinasi “Shift+F6”, pada pilihan ini berguna untuk memberikan kesan lembut pada batas seleksi yang kita buat tersebut dan terkesan menyatu dengan foto. Disini kita masukkan dengan nilai 200 pixels selanjutnya klik Ok.


Langkah 5
Pilih menu “Select > Invert” atau dengan menekan tombol kombinasi “Shift+Ctrl+I”, menu ini digunakan untuk melakukan seleksi bagian luar foto tersebut, karena yang diseleksi awal bagian dalam, dengan langkah ini maka seleksi akan berubah menjadi kebagian luar gambar.


Langkah 6
Kemudian klik menu “Layer > New Adjustment Layer > Level” klik Ok jika ada pesan keluar, disini silahkan geser pada tiga titik handel yang ada dibawah grafik level dan lihat perubahan yang terjadi pada foto.



Demikian tutorial tentang efek vignette menggunakan photoshop, perhatikan setiap langkahnya dan langsung tanyakan pada kolom komentar jika ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
de eka sas
admin
5 November 2017 at 03:41 ×

betul mas..
perhatian langsung tertuju ke pusat foto...

Reply
avatar
Ardian
admin
5 November 2017 at 16:15 ×

Iya kang de Eka sas,
Semoga bermanfaat

Reply
avatar
Terima kasih telah Berkomentar