Tips Menggunakan Menu “Transformation” Coreldraw Lengkap

Salam Jempol,
Baiklah pada menu coreldraw tersedia submenu untuk melakukan duplikasi dengan berbagai macam teknik, diantaranya adalah : Position – Rotate – Scale – Size – Skew.



Untuk mengaktifkan menu tersebut dengan cara pilih menu “Arrange – Transformation” maka akan keluar pilihan yang disebutkan diatas atau dengan menekan Alt+F7. Sekarang kita akan langsung praktekkan satu persatu.

 1   Position/Posisi (Shortcut = Alt+F7)
Caranya pilih salah satu kotak yang ada disamping, ini digunakan untuk menentukan kearah mana nantinya objek yang kita seleksi melakukan perubahan posisi. Kemudian pada kolom “Copies” merupakan jumlah duplikasi yang akan dilakukan, defaultnya adalah “0” jika kita isi maka objek yang terseleksi akan menjadi jumlah tersebut saat kita klik tombol “Apply”



 2  Rotate/Perputaran (Shortcut = Alt+F8)
Teknik yang dilakukan sebenarnya hampir sama kita harus memili satu objek, tapi pada kasus rotate yaitu objek akan kita putar, jadi disini yang harus diperhatikan adalah kolom “Angle”, sebagai contoh disini saya masukkan angka 90, maka objek akan berputar 90 derajat dari posisi objek semula.



 3  Scale & Mirror/Skala & Pencerminan (Shortcut = Alt+F9)
Dari namanya mungkin sudah terbayangkan oleh kita apa yang kan terjadi jika kita menggunakan menu ini, sebenarnya untuk menu mirror hampir sama seperti position. Jika yang kita gunakan pilihan tombol mirror maka objek akan melakukan duplikasi keatas atau kebawah. Namun jika kita ubah pada kolom scale dan meningkatkan persentase misalnya menjadi 150, maka objek yang terduplikasi nanti akan memiliki ukuran 50 % lebih besar dibandingkan ukuran objek aslinya.



 4  Size/Ukuran (Shortcut = Alt+F10)
Nah pada pilihan transform size ini kita bisa merubah ukuran dari objek duplikasi dengan acuan ukuran asli dari objek tersebut, sebagai contoh ukuran objek pertama adalah 4 X 2 cm, kemudiaan pada kolom sizenya saya naikkan satu angka, menjadi 5 X 3 cm dan hasilnya adalah seperti pada gambar, untuk menghindari ukuran otomatis berubah, cukup hilangkan ceklist pada kotak “Proportional”.



Untuk menu Skew, itu mudah dilakukan. cukup melakukan "double klik" maka akan berubah menjadi pilihan skew, tinggal melakukan sedikit tarikan pada objek, maka akan bereaksi.

Mungkin cukup sekian tutorial tentang penggunaan submenu Transformation, tutorial ini dibuat selengkap dan se sederhana mungkin agar mudah dipahami. Jika ada kesulitan dalam memahaminya mohon agar berkomentar pada kolom yang disediakan. baca juga Membuat Logo WIFI dengan Coreldraw. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Terima kasih telah Berkomentar